Selasa, 23 Juni 2015

Selamat Ulang Tahun, GKM!

Tentu saja ini adalah sebuah kebanggaan.

Tujuh ratus tiga puluh hari telah terlewati. Dimana kerumunan kecil yang kita namakan GKM ini terus tumbuh dan berkembang. Bertahannya  kerumunan ini sampai di tahun kedua, paling tidak akan membuat kita semakin yakin bahwa kita sedang berada dalam kerumunan positif. 

Tepat dua tahun yang lalu, saat anak-anak muda "nekat" itu membentuk kerumunan ini. Bukan tentang apa yang harus dilakukan pemerintah, tetapi apa yang kita sebagai anak muda bisa berikan, untuk daerah ini. 

Dua tahun bukanlah waktu yang singkat untuk menjadikan kerumunan ini sempurna tanpa cela. Sampai detik ini kita senantiasa belajar dan akan terus belajar. GKM terus tumbuh dan berkembang bersama para relawannya yang bekerja di lapangan. Inovasi dari para relawan itulah yang menyebabkan GKM berdaya dan mampu berdiri hingga saat ini.

Dua tahun juga bukan waktu yang lama jika kita bicara soal perubahan. Jika ada pertanyaan kapan gerakan ini akan selesai, maka jawabannya adalah GKM akan terus bekerja. Kita baru memulai  narasi ini. Selama matahari masih berjalan di garis edarnya, maka kita ingin terus bekerja. Soal perubahan, biarlah waktu yang akan menyusunnya, karena perubahan adalah hasil akumulasi dari usaha yang kita lakukan.

Ulang tahun kedua, berarti kita telah melewati dua tahun pembelajaran yang teramat penting. Ratusan kali rapat, puluhan kali evaluasi dan inovasi, dan entah berapa kali kegagalan. Semua sudah kita rasakan.

Ulang tahun kedua juga berarti pertanda bahwa kita akan memasuki tahun ketiga. Juga mungkin nanti keempat, kelima, dan seterusnya. Yang perlu kita pahami, bahwa tantangan ke depan bukan semakin mudah, melainkan semakin besar. Namun, seberapapun berat beban dan tantangan yang akan mencengkeram pundak kita nanti, ketahuilah bahwa kita sudah pernah dan mampu melaluinya. 

Di ulang tahun kedua ini, mari kita semakin perkuat kerumunan ini. Pegang kuat-kuat pundak teman di sekeliling kita. Hingga pada akhirnya nanti, kita akan menyadari bahwa semua yang kita kerjakan ini bukanlah hal yang sia-sia. Saat kita berhasil mengantar anak-anak itu menjemput mimpinya. 

Selamat ulang tahun, GKM :)

Yogyakarta, 23 Juni 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar